SAMBUTAN DARI BAPAK LILI RAMLI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Inilah Website Resmi Bapak Lili Ramli sebagai wadah untuk menularkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya Materi Bahasa Indonesia, TIK, dan Materi Umum Lainnya.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

MAKALAH PENGERTIAN PENDIDIKAN

• Drs. Prasetya, Filasafat Pendidikan, CV. Pustaka Setia, Bandung. 1997, Hal. 15.
Pendidikan dalam arti umum mencakup segala usaha dan perbuatan dari generasi tua untuk mengalihkan pengalamannya, pengetahuan, kecakapannya serta keterampilannya melakukan fungsi hidupnya dalam pergaulan bersama dengan sebaik-baiknya.
Pendidikan itu adalah suatu disiplin dari berbagai macam komponen.
• Filsafat Pendidikan, Drs. H.A. Yunus, S.H., M.BA., M.Si., CV. Citra Sarana Grafika, Bandung. 1999. Hal. 7-8.
1) Menurut John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman. Hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin juga terjadi pengertian pendidikan dan ilmu pendidikan.
Secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan sosial.
2) Menurut H. Horne
Pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sabar kepada Tuhan. Seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
3) Menurut Frederick J. Mc. Donald
Pendidikan adalah suatu proses atau suatu kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabi’at (behaviour) manusia.
4) Menurut M.J. Langeveld
Pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan di mana pekerjaan mendidik itu berlangsung.
5) Menurut Drs. A.D. Marimba
Pendidikan yaitu bimbingan atau pimpinan secara sadar yang dilakukan oleh pendidikan terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
• H. Zahara Idris dan H. Lisna Jamal. Pengantar Pendidikan 2, PT. Gramedia Widiasarana, Indonesia – Jakarta. 1992. Hal. 43.
Menurut Sunarya (1969)
Pendidikan adalah suatu sistem pendidikan yang berdiri di atas landasan dan dijiwai oleh falsafah hidup suatu bangsa dan tujuannya bersifat mengabdi kepada kepentingan dan cita-cita nasional bangsa tersebut.
• Drs. H.M. Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya – Indonesia. 1983. Hal. 24-28.
1) Menurut Dr. M.J. Langeveld
Pendidikan yaitu pemberian bimbingan bantuan rohani bagi yang masih memerlukan.
2) Menurut Prof. Dr. John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pengalaman.
3) Menurut Prof. Khursid Ahmad, M.A. dalam bukunya “Principles of Islamic Education” bahwa :
Pendidikan dalam istilah Inggrisnya “Education” yang berasal dari kata latin “Ex” (lepas dari) “ducere” yang berarti memimpin. Secara harfiyah ia berarti mengumpulkan keterangan dan menarik bakat keluar.
4) Menurut John Park
Pendidikan adalah seni atau proses dalam menyalurkan atau menerima pengetahuan dan kebiasaan-kebiasaan melalui pengajaran dan studi.
5) Menurut Prof. Herman H. Horn
Pendidikan adalah proses abadi dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti termanifestasi dalam alam sekitar, intelektual emosional dan kemauan dari manusia.
6) Menurut Syekh Mustofa Al Ghulayani
Pendidikan ialah menanamkan akhlak yang baik dalam jiwa angkatan atau generasi muda dan memberikan siraman air petunjuk dan nasihat, sehingga menjadi suatu sifat dalam jiwa yang kemudian membuahkan sifat utama yang baik serta cinta bekerja untuk berbakti kepada tanah air.

7) Menurut Crow dan Crow
Pendidikan adalah pengalaman yang memberikan pengertian, pandangan (insight) dan penyesuaian bagi seseorang yang menyebabkan ia berkembang.
8) Menurut Sumidi Adi Sasmita
Pendidikan adalah pimpinan dengan sengaja pada masa pertumbuhan manusia mengenal jasmani dan rohaninya.
9) Menurut Husein Al Makhzaji dan Jurij Jarin
Pendidikan adalah usaha untuk memberikan bimbingan terhadap persiapan-persiapan hidup dari anak di dalam kehidupannya.
10) Menurut Drs. Ahmad D. Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
11) Di dalam Tap MPR No. IV/MPR/1973 disebutkan :
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.
• Psikologi Pendidikan. Muhibbin Syah, M.Ed., Rosdakarya.
Pendidikan berasal dari kata “didik” lalu kata ini mendapat awalan “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia : Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
• Ilmu Pendidikan, Drs. Sudirman N., Drs. A. Tabrani Rusyan, Drs. Zaenal Arifin, Drs. Tofu Fathoni. Rosdakarya
Pendidikan terjemahan dari bahasa Yunani yaitu Paedagogie asal katanya pais berarti “anak” dan again yang artinya “membimbing”. Dengan demikian untuk Paedagogie berarti “bimbingan yang diberikan kepada anak”.
• Pengantar Ilmu Pendidikan, Drs. Amir Dalen Indrakusuma, Usaha Nasional. Surabaya - Indonesia.
Pendidikan adalah suatu usaha sadar yang teratur dan sistematis, yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi anak agar mempunyai sifat dan tabi’at sesuai dengan cita-cita pendidikan.
Pendidikan adalah bantuan yang diberikan dengan sengaja kepada anak dalam pertumbuhan jasmani maupun rohaninya untuk mencapai tingkat dewasa.
• Drs. Sudirman, dkk. Ilmu Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset. 1991. Hal. 4.
Pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa.
Pendidikan adalah usaha yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup dan penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.
Prof. Khursid Ahmad, M.A. dalam bukunya “Principles of Islamic Education”. Pendidikan dalam istilah Inggrisnya “Education” yang berasal dari kata latin “Ex” (lepas dari) “ducere” yang berarti “memimpin”. Secara harfiyah ia berarti mengumpulkan keterangan dan menarik bakat keluar.
• Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Drs. H. Oni Hasoni.
Pendidikan ialah usaha sadar untuk menyiapkan anak atau peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
• Konsep Pendidikan dalam Islam, Syed Muhammad Al Naquid Al Attas, Penerbit Mizan. 1980. Hal 35.
Pendidikan adalah suatu proses penanaman sesuatu ke dalam diri manusia.
• Filsafat Pendidikan. H.B. Hamdani Ali, M.A., M.Ed., Kota Kembang. 1986. Yogyakarta.
Pendidikan dalam arti umum mencakup segala usaha dan perbuatan dari generasi tua untuk mengalihkan pengalamannya, pengetahuannya, kecakapannya serta keterampilannya kepada generasi muda untuk memungkinkannya melalukan fungsi hidupnya dalam pergaulan bersama dengan sebaik-baiknya.
• Pendidikan Menurut Drs. Ahmad D. Marimba dalam bukunya terdapat Pengantar Pendidikan Islam.
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

• Prof. Drs. Suganda Purbawaca dalam bukunya Insiplopedi
Pendidikan adalah semua perbuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengalamannya, pengetahuannya, kecakapannya serta keterampilannya kepada generasi muda sebagai usaha menyiapkan agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah.
• Drs. Sukiman A.R.
Pendidikan adalah usaha dewasa terhadap anak didik yang bersifat memberi pengaruh perlindungan dan pertolongan. Pimpinan serta pengetahuan kecakapan dan keterampilan untuk mencapai cita-cita yang lebih baik dalam bentuk formal, informal maupun nonformal yang terjadi pada situasi kehidupan.

PENGERTIAN ILMU PENDIDIKAN

• Drs. Prasetya, Filsafat Pendidikan, CV. Pustaka Setia, Bandung : 1997. Hal. 77.
Ilmu pendidikan merupakan ilmu pengetahuan praktis, artinya bahwa tugas budaya dari pendidikan sebagai aspek kebudayaan adalah menyalurkan dan melestarikan nilai-nilai dari aspek-aspek kebudayaan dari generasi yang satu ke generasi selanjutnya untuk dikembangkan ke arah tujuan yang lebih baik dan sempurna.
• Filsafat Pendidikan, Prof. Imam Barnadib, M.A., Ph.D. Yayasan Penerbit Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) IKIP Yogyakarta. 1981. Hal 7.
Ilmu pendidikan atau pedagogik adalah ilmu yang membicarakan masalah-masalah umum pendidikan secara menyeluruh dan abstrak, pedagogik, selain bercorak teoritis, juga bersifat praktis.
• Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Prof. Dr. Sutari Imam Barnadib, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) IKIP Yogyakarta.
Ilmu pendidikan adalah ilmu pengetahuan praktik karena yang diuraikan di dalam ilmu itu dilaksanakan di dalam kegiatan pendidikan.
Ilmu pendidikan adalah ilmu yang normatif karena berdasar atas pemilihan antara yang baik dan yang tidak baik untuk anak khususnya dan manusia pada umumnya.


• Drs. H.M. Nafi Anshari. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional. 1982. Hal. 10.
Kalau ilmu pendidikan mempunyai persyaratan-persyaratan yang dimaksud, maka ilmu pendidikan dapat disebut ilmu pengetahuan. Adapun persyaratan ilmu pengetahuan pada umumnya sebagai berikut :
a. Mempunyai obyek (obyektif).
b. Disusun secara sistematis.
c. Mempunyai methodologi tertentu (methodis).