SAMBUTAN DARI BAPAK LILI RAMLI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Inilah Website Resmi Bapak Lili Ramli sebagai wadah untuk menularkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya Materi Bahasa Indonesia, TIK, dan Materi Umum Lainnya.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

MAKALAH MIOLOGI UMUM

Miologi (myologi) ialah ilmu pengetahuan yang membahas tentang otot. Myo=muscle=musculus=otot: logy = ilmu pengetahuan.Alat-alat gerak (lokomotor) dalam tubuh manusia dapat dapat dikelompokkan menjadi dua(2) kelompok, yaitu:
1. Alat-alat gerak yang pasif (yang dikelompokkan).
Alat-alat gerak yang pasif ini antara lain terdiri dari: jaringan tulang, jaringan rawan dan jaringan ikat.
Jaringan –jaringan tersebut sering disebut jaringan penyokong atau penunjang .
2. Alat-alat gerak yang aktif (menggarakkan).
Jaringan otot dan saraf termasuk alat-alat gerak yang aktif.Tulang-tulang dalam manusia tidak dapat digerakkan apabila tidak digerakkan oleh otot (yang berkontraksi) mendapatkan rangsangan/perintah yang disampaikan ke otot-otot melalui jaringan saraf.
Pada umumnya gerakan-gerakan terjadi pada persendian.
Dalam tubuh terdapat gerakan-gerakan yang disadari dan tidak disadari.
Pada umumnya gerakan-gerakan yang disebabkan oleh otot-otot lurik disadari dan menurut kemauan kita. Sedangkan gerakan-gerakan yang disebabkan oleh otot-otot polos dan jantung tidak disadari dan tidak dibawah kemauan kita.
Gerakan-gerakan yang tidak disadari dan tidak dibawah kemauan kita. Contohnya adalah: gerakan peristaltik pada alat-alat pencernaan. Denyut jantung,kontraksi dan dilatasi pembuluh darah dan gerakan-gerakan lainnya.yang terjadi pada alat-alat pernafasan peredaran darah dan pencernaan.
Dalam tubuh manusia kurang lebih 43% dari berat badan/tubuh adalah jaringan otot.Jaringan otot mempunyai sifat dapat dirangsang (intensible),dapat memendek atau berkontraksi (contractable) dapat memanjang (extensible)dan elastis.


Informasi Selengkapnya Hubungi :
Bapak Lili Ramli, S.Pd.I.
Kontak HP. 081802318894