SAMBUTAN DARI BAPAK LILI RAMLI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Inilah Website Resmi Bapak Lili Ramli sebagai wadah untuk menularkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya Materi Bahasa Indonesia, TIK, dan Materi Umum Lainnya.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

MAKALAH ANATOMI DAN FISIOLOGI GINJAL

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Melihat fakta dan juga kejadian yang terjadi belakang ini, penulis sering melihat dan mendengar baik itu melalui media elektronik maupun media massa, ternyata banyak orang yang menderita penyakit dalam, sebagai contoh penulis menyebutkan penyakit dalam itu adalah penyakit ginjal. Oleh karena itu, penulis ingin memberikan sedikit gambaran tentang apa yang terjadi belakangan ini.
Untuk itu penulis mengajak kepada para pembaca makalah ini agar kita lebih mengerti atau setidaknya kita mengetahui arti dan fungsi-fungsi akan organ-organ tubuh, baik yang terlihat oleh kasat mata kita maupun yang tidak terlihat, artinya kita harus tahu arti dan fungsi organ tubuh yang ada di luar maupun di dalam. Karena untuk bisa mencegah penyakit-penyakit yang akan menyerang tubuh, terutama penyakit-penyakit dalam yang bisa mengakibatkan kematian bagi kita.
Untuk lebih jelasnya pada makalah ini penulis akan sedikit membahas tentang sebagian organ/struktur tubuh yang ada di dalam tubuh manusia, yaitu tentang Ginjal dan Hormonial. Pada sistem ginjal penulis akan membahas tentang Anatomi dan Fisiologi Ginjal, fungsi ginjal, struktur ginjal, dan gangguan pada ginjal.
Dan juga pada hormonal penulis akan membahas tentang hormon pada manusia dan hewan.

B. Pengertian
Ginjal adalah suatu sistem yang mengeluarkan sekret urine, yang terletak pada dinding posterior abdomen, terutama di daerah lumbal, di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, dibungkus lapisan lemak yang tebal, di belakang peritoneum, dan karena itu di luar rongga peritoneum. Kedudukan ginjal dapat diperkirakan dari belakang, mulai dari ketinggian vertebra lorakalis sampai vertebra lumbalis ketiga. Ginjal kanan sedikit lebih rendah dari kiri, karena hati menduduki ruang banyak di sebelah kanan. Setiap ginjal panjangnya kurang lebih 12 cm, bentuknya seperti kacang, agak pipih sebesar genggaman tangan beratnya kira-kira 300 gram
Sedangkan Endokrin adalah suatu kata yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti “sekresi kedalam”, zat utama sekresi interna ini disebut hormon, dari kata Yunani yang berarti “merangsang”. Untuk lebih jelasnya pengertian dan penjelasan tentang organ Endokrin akan penulis pada pembahasan makalah ini.

C. Metode
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode Deskritif Analisis, yaitu metode penelitian yang menggambarkan tentang yang terjadi saat ini. Fakta dan data yang ditabulasi, diolah, dibahas dan di analisis untuk dijadikan dasar dalam pengambilan kesimpulan.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut :
Studi kepustakaan, yaitu teknik pengumpulan data dengan mempelajari bahan-bahan tertulis yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.

D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup masalah yang akan penulis bahas pada makalah ini, diantaranya adalah sistem dari ginjal.
Sedangkan pada organ endokrin (hormon) penulis akan membahas tentang beberapa organ endokrin yang menghasilkan satu hormon tunggal, diantaranya adalah kelenjar hipofisis, kelenjar gondok dan anak gondok, kelenjar pankreas, kelenjar timus, kelenjar anak ginjal dan cara kerja hormon serta organ endokrin pada hewan.

E. Maksud dan Tujuan
1. Maksud
Mencari gambaran tentang organ-organ tubuh manusia, khususnya tentang ginjal dan organ endokrin.
2. Tujuan
Mengenai tujuan, penulis mempunyai beberapa tujuan dari penulisan makalah ini diantaranya adalah sebagai berikut :
1. memperoleh gambaran tentang ginjal, dan juga memperoleh gambaran tentang kelenjar-kelenjar yang ada pada organ endokrin.
2. memperdalam pengetahuan tentang Anatomi dan Fisiologi Ginjal.
3. untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ilmu Faal Dasar yang diberikan oleh bapak Drs. Amirulloh, M.Kes.

F. Sistematika
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Pengertian
C. Metode
D. Ruang Lingkup
E. Maksud dan tujuan
F. Sistematika
BAB II PERMASALAHAN
BAB III PEMBAHASAN PERMASALAHAN
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
BABV PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA

Informasi Selengkapnya Hubungi :
Bapak Lili Ramli, S.Pd.I.
Kontak HP. 081802318894