SAMBUTAN DARI BAPAK LILI RAMLI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Inilah Website Resmi Bapak Lili Ramli sebagai wadah untuk menularkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya Materi Bahasa Indonesia, TIK, dan Materi Umum Lainnya.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

MAKALAH MANAJEMEN PENDIDIKAN

Setiap organisasi memiliki aktivitas-aktivitas pekerjaan tertentu dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Salah satu aktivitas tersebut adalah manajemen. Dalam Organisasi Bisnis dikenal manajemen pengangkutan dan pengiriman, manajemen pembelian dan gudang, manajemen perencanaan, manajemen operasi dan sebagainya. Dalam organisasi pendidikan hanya ada satu jenis manajemen yang bertingkat ialah manajemen tertinggi sampai dengan manajemen terdepan.
Pengertian Manajemen
Ada kaitan antara Organisasi, Administrasi dan Manajemen.
Organisasi ialah sekumpulan orang dengan kaitan tertentu yang merupakan wadah untuk mencapai cita-cita mereka. Baik Manajemen maupun melaksanakan kegiatan itu disebut Administrasi.
Administrasi berhubungan dengan penentuan kebijakan bersama dan koordinasi secara keseluruhan.
Administrasi sebagai pengarah yang efektif, sementara manajemen dikatakannya sebagai pelaksana yang efektif. (Benton 1972, hal. 278-279).
Administrasi sebagai keseluruhan proses kerjasama para anggota organisasi berdasarkan rasional tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Siagian 1979, hal. 3).
Dari pengertian di atas memang sukar dibedakan antara Administrasi dengan Manajemen, manajemen sebagai peranan dan manajemen sebagai tugas.
Administrasi sebagai keseluruhan proses kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan cocok pula dengan pernyataan bahwa perencanaan memberi arah baik kepada para non administrator.
Menurut Dale pengertian manajemen mengelola orang-orang pengambilan keputusan proses pengorganisasi dan memakai sumber-sumber. (1973, hal. 4).
Menurut Davis (1976, hal 2) yang membedakan manajemen sebagai peranan dan manajemen sebagai tugas.
Anthony mengatakan para pemimpin organisasi disebut manajer, sedangkan secara kolektif mereka disebut manajemen. (1974, hal 296).
Suatu pandangan yang bersifat umum manajemen ialah proses mengintegrasikan sumber-sumber yang tidak berhubungan menjadi sistem total untuk menyelesaikan suatu tujuan. (Johnson 1973, hal. 15).
Dalam pendidikan manajemen diartikan sebagai aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.
Hubungan antara Administrasi, Organisasi, dan Manajemen dalam pendidikan dapat digambarkan dalam bagan 1. Dari bagan itu dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Pada Tingkat Tinggi
a. Administrasi bertugas melaksanakan keputusan-keputusan dari atasan atau pemerintah pusat dalam bentuk aktivitas manajemen dan prosesing.
b. Manajemen bertugas memadukan sumber-sumber pendidikan secara keseluruhan dan mengontrol / mengawasi agar tepat dengan tujuan pendidikan.
c. Prosesing ialah melaksanakan alokasi sumber-sumber pendidikan untuk masing-masing unit tingkat madya yang sudah diputuskan oleh manajer tertinggi.
2. Pada Tingkat Madya
a. Administrasi bertugas melaksanakan keputusan-keputusan dari unit tertinggi dalam bentuk manajemen dan prosesing.
b. Manajemen bertugas memadukan sumber-sumber pendidikan yang diberikan oleh unit tertinggi ditambah hasil usaha pengadaan sendiri dan pengontrolan/pengawasan agar tepat dengan tujuan pendidikan di unitnya.
c. Prosesing ialah melaksanakan alokasi sumber-sumber pendidikan untuk masing-masing unit tingkat terdepan yang sudah diputuskan oleh manajer madya.
3. Pada Tingkat Terdepan
a. Administrasi bertugas melaksanakan keputusan-keputusan dari unit madya dalam bentuk manajemen dan prosesing.
b. Manajemen bertugas memadukan sumber-sumber pendidikan yang diberikan oleh unit madya ditambah hasil usaha pengadaan sendiri dan mengontrol/mengawas agar tetap dengan tujua pendidikan di unitnya.
c. Prosesing ialah mendidik, mengajar, dan melatih para siswa/mahasiswa.



Informasi Selengkapnya Hubungi :
Bapak Lili Ramli, S.Pd.I.
Kontak HP. 081802318894