SAMBUTAN DARI BAPAK LILI RAMLI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Inilah Website Resmi Bapak Lili Ramli sebagai wadah untuk menularkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya Materi Bahasa Indonesia, TIK, dan Materi Umum Lainnya.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan dan Lingkungan

 

Berikut Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan dan Lingkungan :

Contoh I

Persaingan di dunia kerja semakin ketat. Sistem ketenagakerjaan menuntut sumber daya dengan lulusan dan prestasi terbaik. Sebagai pelajar, kita harus mempersiapkan diri sejak dini. Ayo kita berlomba-lomba meningkatkan prestasi. Prestasi akademik tentu baik. Namun prestasi tidak dibatasi hanya dari nilai dalam raport saja. Kita bisa berprestasi di bidang olahraga, kesenian, sastra, dan teknologi.

Tidak perlu kecil hati karena setiap pelajar memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kita hanya perlu menggali dan mengembangkan kelebihan kita. Maka dari itu, ayo kembangkan prestasimu. Ikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati. Bergabung dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat menunjang prestasimu. Mari meraih masa depan dengan persaingan yang sehat.

 

Contoh II

Ayo lestarikan literasi Indonesia. Kita masih membutuhkan banyak buku fisik. Buku menjadi penunjang utama dalam proses belajar mengajar. Kemajuan teknologi mengenalkan kita pada buku elektronik. Namun peran buku fisik tidak dapat ditinggalkan begitu saja.

Dunia pendidikan tetap membutuhkan buku fisik, terutama untuk wilayah-wilayah yang jauh dari pusat pemeritahan. Tidak semua wilayah di Indonesia memiliki akses internet cepat atau fasilitas memadai. Sementara untuk membaca satu buku elektronik diperlukan perangkat keras. Berbeda dengan buku fisik, ia dapat dipinjam dan dibaca bergiliran. Tidak perlu bergantian untuk memakai perangkat. Keberadaan buku elektronik baik, namun tidak dapat diterapkan di semua wilayah. Buku fisik masih lebih efektif selama fasilitas belum merata. Oleh sebab itu, salurkan buku-buku fisik ke daerah dengan akses terbatas. Dorong pemerintah memenuhi kebutuhan buku dengan merata. Mari sama-sama memajukan dunia literasi Indoensia.

 

Contoh III

Mari sama-sama melindungi hutan kita. Luas hutan di Indonesia semakin hari semakin sempit akibat aktivitas industri. Seperti yang terjadi di Papua, perusahaan membakar hutan demi membuka lahan sawit. Sementara itu keberadaan dan keberlangsungan hidup masyarakat adat semakin terancam. Negara memiliki kewajiban untuk melindungi warganya. Bila membiarkan perusahaan semakin merajarela, sementara masyarakat menderita, maka ada yang salah. Bagi masyarakat adat, hutan adalah sumber kehidupan. Mereka mendapat sumber makanan dari hutan, sehingga mereka menjaganya dan memperlakukan alam dengan hormat.

Pembakaran hutan sama dengan pemusnahan sumber kehidupan masyarakat adat. Maka, sebaiknya pemerintah tegas dalam menindak perusahaan perusahaan lingkungan. Sesuai dengan anamnat konstitusi, negara wajib melindungi seluruh bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Bukan hanya berpihak pada perusahaan. Ayo suarakan keberpihakan kita pada masyarakat adat. Menyelamatkan bumi sama dengan menyelamatkan nyawa manusia. Selamatkan hutan!

 

Contoh IV

Ayo daur ulang sampahmu. Gerakan yang menyuarakan krisis iklim semakin marak. Berbagai negara di seluruh belahan dunia menyadari bahwa kondisi bumi ada dalam batas yang mengkhawatirkan. Orang-orang meminta perusahaan-perusahaan raksasa berhenti memproduksi barang-barang dengan kemasan sekali pakai. Sebagai alternatif, bila perusahaan global dunia memiliki itikad baik, mereka bisa mengantinya dengan kemasan yang dapat dipakai berulang.

Katakanlah shampo. Sediakan wadah untuk menampung shampo di tiap-tiap toko kelontong. Tiap minggu agen akan mengisinya. Bila ada pembeli, ia akan membawa botol sendiri. Botol dan wadah tersebut bisa dipakai sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Tidak perlu lagi pusing dengan kemasan plastik sekali pakai. Angan-angan tersebut memang terkesan rumit dan sulit untuk dicapai. Namun tidak ada yang mustahil selama harapan masih ada. Demi menjaga bumi di masa depan, mari kita bijak menggunakan produk sehari-hari. Daur ulang barang selama masih bisa digunakan. Bersama kita pasti bisa!

 

 

Contoh bentuk saran dan ajakan dalam teks persuatif yang disajikan di awal pembahasan adalah berikut ini:

a. Kita juga harus pandai-pandai menyaring informasi agar terhindar dari risiko gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

b. Saya menganjurkan supaya kita membatasi penggunaan media sosial setengah jam hingga satu jam per hari.

c.  Ingat, bukan berarti dilarang menggunakan media sosial sama sekali.

d. Maksudnya, jangan sampai media sosial jadi mengganggu produktivitas dan pergaulan sehari-hari.

e. Harapan penulis, pembaca dapat mencari kesibukan atau kegiatan yang lebih produktif dan bermanfaat.

 

Sumber : https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/19/172256669/contoh-teks-persuasi-tentang-pendidikan-dan-lingkungan?page=all



Latihan

Berolahraga sangatlah penting untuk kesehatan kita. Namun, olahraga yang dilakukan jangan sampai melampaui batas kemampuan diri kita akan membuat otot-otot dan sendi di tubuh kita akan mengalami keram dan sakit yang berlebih. Sementara itu, detak jantung kita juga akan berdenyut dua kali lebih cepat dibanding biasanya. Jika dibiarkan, maka bukan tidak mungkin serangan jantung akan menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, janganlah berolahraga terlalu keras. Melainkan, berolahraga secara rutin sesuai dengan kemampuan tubuh kita. Agar fungsi olahraga sebagai penyebab tubuh sehat akan lebih terasa.

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan kutipan teks berikut!

1. Apa yang dimaksud dengan teks persuasi?

2. Mengapa cuplikan teks di atas disebut teks persuasi? Jelaskan!

3. Bagaimana pendapat atau tanggapanmu terhadap isi teks persuasi di atas?

4. Tulislah secara singkat mengenai pokok informasi teks persuasi di atas!

5. Buatlah kesimpulan dari cuplikan teks tersebut!