SAMBUTAN DARI BAPAK LILI RAMLI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Inilah Website Resmi Bapak Lili Ramli sebagai wadah untuk menularkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya Materi Bahasa Indonesia, TIK, dan Materi Umum Lainnya.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

MICROSOFT WORD



DASAR-DASAR MICROSOFT WORD

Microsoft Word

* Microsoft Word adalah Software atau Program Aplikasi Pengolah Kata yang berbasis Windows

Masuk Program Microsoft Word

* Doble Klik Icon MS Word atau Klik Star-Klik Program-Klik MS Word-Muncul lembar kerja

Bagian-bagian dari lembar kerja MS Word

* Title Bar : Baris yang menunjukan nama Data/File yang sedang di edit/dikerjakan
* Menu Bar : Perintah berupa kata-kata dari File sampai Help
* Menu ToolBar : Perintah berupa icon atau simbol-simbol
* Ruler Line : Baris yang menyerupai mistar untuk menentukan batas-batas margin
* Scroll Bar : Untuk menggulung layar baik vertikal maupun horizontal
* Kursor : Garis tegak lurus yang berkedip-kedip sebagai penuntun pengetikan
* Status Bar : Baris yang menerangkan kedudukan kursor
* Teks Bonderis : Garis batas margin pada lembar kerja yang tampak samar-samar

Bagian-bagian dari Keyboard pada Komputer

* Enter : Untuk ganti baris
* Caps Lock : Mengetik huruf besar semua
* Shift : Mengetik satu huruf besar
* Space : Untuk memisahkan kata
* Tab : Untuk memindahkan kursor dg cepat
* Delete : Menghapus huruf yang di kanan
* Back Space : Untuk menghapus huruf di kiri kursor

Menyimpan File

* Klik Icon Save atau Tekan CTRL + S atau Klik File-Klik Save-Muncul Kotak Dialog Save-Ketik Namanya-Klik Save

Menutup lembar kerja aktif

* Klik Icon tanda X yang sejajar dengan menu bar atau Klik File-Klik Close

Keluar dari MS Word

* Klik Icon tanda X yang sejajar dengan menu Titel Bar atau Klik File-Klik Exit

Membuka File/Dokumen Lama

* Klik Icon Open atau Tekan CTRL + O atau Klik File-Klik Open-Muncul Kotak Dialog Open-Cari Namanya-Klik Open

Membuat File/Dokumen Baru

* Klik Icon New atau Tekan CTRL + N atau Klik File-Klik New-Muncul Kotak Dialog New-Klik OK

Mematikan Komputer

* Keluar dulu dari Program MS Word lalu keluar dari program Windows kemudian:
* Klik Star-Klik Shut Down-Yes-Matikan Monitor kemudian CPU


2.2 EDITING DAN FORMATING

Cara Memblok Menandai Teks

* Satu kata : Doble Klik
* Beberapa kata : Drag
* Satu Baris : Klik diawal baris
* Beberapa Baris : Klik diawal baris lalu drag
* Satu Dokumen : Tiga kali Klik di awal baris
* Cara Umum Memblok Tek Adalah Di Drag Atau (Shift + Anak Panah)

Mengetengahkan teks

* Blok teks- Klik Icon Center atau CTRL + E atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Alignment-Klik Center

Meratakirikan teks

* Blok teks- Klik Icon Left atau CTRL + L atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Alignment-Klik Left

Meratakanankan teks

* Blok teks- Klik Icon Right atau CTRL + R atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Alignment-Klik Right

Meratakirikanankan teks

* Blok teks- Klik Icon Justify atau CTRL + J atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Alignment-Klik Justify

Merubah Jarak Baris

* Blok teks-Klik Icon Line Spacing/Tekan Shift dan Angka (1,2,5) atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Line Spacing-Klik Singe/Doble/1.5 Lines-OK

Merubah Jenis Huruf

* Blok teks-Klik Icon Font atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font -Klik Jenis Huruf yang diinginkan-Klik OK

Merubah Ukuran Huruf

* Blok teks-Klik Icon Font Size atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font -Klik Ukuran Huruf yang diinginkan-Klik OK

Menebalkan Teks

* Blok teks-Klik Icon Bold atau CTRL + B atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font Syle-Klik Bold-Klik OK

Memiringkan Teks

* Blok teks-Klik Icon Italic atau CTRL + I atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font Syle-Klik Italic-Klik OK

MenggarisbawahiTeks

* Blok teks-Klik Icon Underline atau CTRL + U atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font Syle-Klik Underline-Klik OK

MewarnaiTeks

* Blok teks-Klik Icon Font Color atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Color-Klik Warna yang diinginkan-Klik OK

Merubah Bentuk Huruf

* Blok teks-Klik Format-Klik Change Case-Muncul Kotak Dialog Change Case-Klik Bentuk Huruf yang diinginkan atau Tekan Shift pada Keyboard dan tekan F3 Pilih yang diinginkan

Menghapus teks

* Blok teks-Klik Icon Cut atau CTRL + X atau Klik Edit-Klik Cut

Mengkopy teks

* Blok teks-Klik Icon Copy atau CTRL + C -Pindahkan kursur ke tempat lain-Klik Icon Paste atau CTRL + V atau Klik Edit-Klik Copy-Pindahkan kursur ke tempat lain-Klik Edit-Klik Paste

Memindahkan teks

* Blok teks-Klik Icon Cut atau CTRL + X -Pindahkan kursur ke tempat lain-Klik Icon Paste atau CTRL + V atau Klik Edit-Klik Cut- Pindahkan kursur ke tempat lain-Klik Edit-Klik Paste

Membatalkan Perintah

* Klik Icon Undo atau CTRL + Z atau Klik Edit-Klik Undo

Mengembalikan Pembatalan Perintah

* Klik Icon Redo atau Klik Edit-Klik Redo


2.3 MENGATUR KERTAS DAN PRINT

Mengatur Jenis atau Ukuran Kertas dan batas batasnya

* Klik File-Klik Page Stup-Muncul Kotak Dialog Page Stup-Pada Paper Size-Klik Jenis Kertas yang diinginkan, dan Model Pencetakannya Berdiri atau Menyamping-Pada Margin atur Top,Bottom,Left dan Rightnya lalu-Klik OK

Mencetak

* Klik Icon Print atau CTRL + P atau Klik File-Klik Print-Muncul Kotak Dialog Print-Tentukan halaman berapa yang mau dicetak-OK


2.4 FASILITAS CEPAT

Membuat Autocorrect

* Klik Tools-Klik Autocorrect-Muncul Kotak Dialog Autocorrect-Pada Replace ketik perwakilan kata-Pada With ketik kata sebenarnya-Klik Add-Klik OK

Menggunakan Autocorrect

* Ketik kata perwakilan lalu tekan Space

Menghapus Autocorrect

* Klik Tools-Klik Autocorrect-Muncul kotak dialog Autocorrect-Pada Replace ketik perwakilan kata-Akan muncul kata sebenarnya-Klik kata tersebut lalu Klik Delete-Klik OK

Memasang Tabulasi

* Klik Mouse pada posisi angka berapa yang diinginkan sehingga mucul tanda L atau Klik Format-Klik Tabs-Muncul Kotak Dialog Tabs-Pada Tabs Stop Position-Ketik Posisi angka berapa yang diinginkan lalu-Klik Set-Klik OK

Menghapus Tabulasi

* Tunjuk Posisi angka tabulasi yang mau dihapus drag ke bawah atau Klik Format-Klik Tabs-Muncul Kotak Dialog Tabs-Klik Clear atau Clear All-Klik OK

Penomoran Otomatis

* Klik Icon Numbering atau Bullets atau Klik Format-Klik Bullets and Numbering-Muncul Kotak Dialog Bullets and Numbering-Pilih Bullets atau Numbering yang diinginkan-OK

Membuat Bingkai Halaman

* Klik Format-Klik Borders and Shading-Muncul Kotak Dialog Borders and Shading-Klik Page Border-Pada Art Pilih Bingkai yang diinginkan-Klik Options-Muncul Kotak Dialog Options-Pada Meaesure From Klik Text-Klik OK-Klik Ok

Membuat Shading

* Klik Format-Klik Borders and Shading-Muncul Kotak Dialog Borders and Shading-Klik Shading-Muncul Kotak Dialog Shading- Pada Fil Color Pilih Warna yang diinginkan-Klik OK


2.5 TABEL

Membuat Tabel

* Klik Icon Insert Tabel Pilih berapa Colom atau Baris-Klik, maka akan muncul tabel atau Klik Tabel-Klik Insert Tabel-Muncul Kotak Dialog Insert Tabel- Berapa Kolom/baris-Klik OK

Melebarkan atau Mengecilkan Kolom

* Sentuhkan Mouse Pada Garis Vertikal Kolom sampai berbentuk panah berlawanan kekanan dan kekiri lalu Drag ke kanan atau ke kiri

Meninggikan atau Memendekan Baris

* Sentuhkan Mouse pada garis Horizontal Baris lalu Drag ke bawah atau ke atas

Menambah Baris

* Blok Baris-Klik Tabel-Klik Insert Rows

Menghapus Baris

* Blok Baris-Klik Tabel-Klik Delete Rows

Menambah Kolom

* Blok Kolom-Klik Tabel-Klik Insert Columns

Menghapus Kolom

* Blok Kolom-Klik Tabel-Klik Delete Columns

Menggabung Kolom atau Baris

* Blok Kolom atau Baris-Klik Tabel-Klik Merge Cells

Membagi Kolom atau Baris

* Blok Kolom atau Baris-Klik Tabel-Klik Split Cells-Muncul Kotak Dialog Split Cells-Ketik berapa Kolom atau Baris-Ok

Mengurutkan Teks

* Blok Baris/Kolom-Klik Tabel-Klik Sort

Menjumlahkan Bilangan

* Klik Tabel-Formula-Pilih Sum-Klik OK

Membagi Tabel Menjadi Dua

* Klik Tabel-Klik Split Tabel

Membingkai Tabel

* Blok Tabel-Klik Icon Border-Pilih Border yang diinginkan-Klik OK

Mewarnai Tabel

* Blok Tabel Bisa Baris Bisa Kolom-Klik Icon Shading Color-Pilih Warna yang diinginkan

Mengambil Symbol

* Klik Insert-Klik Symbol-Muncul Kotak Dialog Symbol-Pilih Symbol-Klik Insert-Klik OK


2.6 NASKAH PANJANG DAN KOLOM KORAN

Membuat Kolom Koran

* Klik Icon Columns atau Klik Format-Klik Columns-Muncul Kotak Dialog Columns-Pada Preset Pilih Berapa Kolom, Atur Besar Kecilnya Kolom, Atur Besar Kecilnya Jarak Antara Kolom, Atur dari mulai mana Kolom akan dibuat, atur pemisah antar kolomnya-Klik OK

Membuat Drop Cap

* Klik Kursor di kiri huruf yang akan di buat Drop Cap-Klik Format-Klik Drop Cap-Muncul Kotak Dialog Drop Cap-Pada Position-Klik Droped, Atur Variasinya-Klik OK

Mengambil Gambar

* Klik Icon Clift Art atau Klik Insert-Klik Ficture-Klik Clipt Art-Muncul Kotak Dialog Clipt Art Galery-Klik Gambar yang diinginkan-Klik Insert-Muncul Gambar,Gambar tersebut bisa dikecilkan, dibesarkan, dihapus, dicopy dll

Mencari Teks

* Klik Edit-Klik Find-Muncul Kotak Dialog Find-Ketik Teks yang mau dicari-Klik Find-Close

Mengganti Teks

* Klik Edit-Klik Replace-Muncul Kotak Dialog Replace-Ketik Teks yang mau di Ganti-Klik Replace-Close

Mencari Halaman

* Klik Edit-Klik Go To-Muncul Kotak Dialog Go To-Pada Enter Page Number Ketik Halaman Berapa yang dituju-Klik Go To

Menomori Halaman

* Klik Insert-Klik Page Numbers-Muncul Kotak Dialog Page Numbers-Atur Posisinya, Atur Perataan Teksnya-Klik Format-Muncul Kotak Dialog Format-Atur Format Nomornya, Atur Awal Penomorannya-Klik OK-Klik OK

Membuka Dan Menutup Jendela Window

* Klik Window-Klik Split
* Klik Window-Klik Remove Split

Membuat Header and Footer

* Klik View-Klik Header and Footer-Muncul Dialog Header and Footer-Pilih Header atau Footer, Ketik teksnya, atur hurupnya, jenisnya, ukurannya warnanya dll-Close


2. 7. DRAWING DAN WORD ART

Membuat Gambar

* Membuat Gambar Dapat Dilakukan Dengan Menggunakan ToolBar Drawing

Membuat Word Art

* Klik Icon Word Art-Muncul Kotak Dialog Word Art Galery-Klik Jenis Word Art-OK-Muncul Kotak Dialog Edit Word Art-Ketik Teks yang akan dibuat-OK


2.8 SURAT GABUNG

Mail Merge

* Mail Merger adalah Fasilitas di MS Word untuk membuat File Gabung misal Surat Gabung dll