DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
Microsoft Word
* Microsoft Word adalah Software atau Program Aplikasi Pengolah Kata yang berbasis Windows
Masuk Program Microsoft Word
* Doble Klik Icon MS Word atau Klik Star-Klik Program-Klik MS Word-Muncul lembar kerja
Bagian-bagian dari lembar kerja MS Word
* Title Bar : Baris yang menunjukan nama Data/File yang sedang di edit/dikerjakan
* Menu Bar : Perintah berupa kata-kata dari File sampai Help
* Menu ToolBar : Perintah berupa icon atau simbol-simbol
* Ruler Line : Baris yang menyerupai mistar untuk menentukan batas-batas margin
* Scroll Bar : Untuk menggulung layar baik vertikal maupun horizontal
* Kursor : Garis tegak lurus yang berkedip-kedip sebagai penuntun pengetikan
* Status Bar : Baris yang menerangkan kedudukan kursor
* Teks Bonderis : Garis batas margin pada lembar kerja yang tampak samar-samar
Bagian-bagian dari Keyboard pada Komputer
* Enter : Untuk ganti baris
* Caps Lock : Mengetik huruf besar semua
* Shift : Mengetik satu huruf besar
* Space : Untuk memisahkan kata
* Tab : Untuk memindahkan kursor dg cepat
* Delete : Menghapus huruf yang di kanan
* Back Space : Untuk menghapus huruf di kiri kursor
Menyimpan File
* Klik Icon Save atau Tekan CTRL + S atau Klik File-Klik Save-Muncul Kotak Dialog Save-Ketik Namanya-Klik Save
Menutup lembar kerja aktif
* Klik Icon tanda X yang sejajar dengan menu bar atau Klik File-Klik Close
Keluar dari MS Word
* Klik Icon tanda X yang sejajar dengan menu Titel Bar atau Klik File-Klik Exit
Membuka File/Dokumen Lama
* Klik Icon Open atau Tekan CTRL + O atau Klik File-Klik Open-Muncul Kotak Dialog Open-Cari Namanya-Klik Open
Membuat File/Dokumen Baru
* Klik Icon New atau Tekan CTRL + N atau Klik File-Klik New-Muncul Kotak Dialog New-Klik OK
Mematikan Komputer
* Keluar dulu dari Program MS Word lalu keluar dari program Windows kemudian:
* Klik Star-Klik Shut Down-Yes-Matikan Monitor kemudian CPU
2.2 EDITING DAN FORMATING
Cara Memblok Menandai Teks
* Satu kata : Doble Klik
* Beberapa kata : Drag
* Satu Baris : Klik diawal baris
* Beberapa Baris : Klik diawal baris lalu drag
* Satu Dokumen : Tiga kali Klik di awal baris
* Cara Umum Memblok Tek Adalah Di Drag Atau (Shift + Anak Panah)
Mengetengahkan teks
* Blok teks- Klik Icon Center atau CTRL + E atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Alignment-Klik Center
Meratakirikan teks
* Blok teks- Klik Icon Left atau CTRL + L atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Alignment-Klik Left
Meratakanankan teks
* Blok teks- Klik Icon Right atau CTRL + R atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Alignment-Klik Right
Meratakirikanankan teks
* Blok teks- Klik Icon Justify atau CTRL + J atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Alignment-Klik Justify
Merubah Jarak Baris
* Blok teks-Klik Icon Line Spacing/Tekan Shift dan Angka (1,2,5) atau Klik Format-Klik Paragraph-Muncul Kotak Dialog Paragraph-Pada Line Spacing-Klik Singe/Doble/1.5 Lines-OK
Merubah Jenis Huruf
* Blok teks-Klik Icon Font atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font -Klik Jenis Huruf yang diinginkan-Klik OK
Merubah Ukuran Huruf
* Blok teks-Klik Icon Font Size atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font -Klik Ukuran Huruf yang diinginkan-Klik OK
Menebalkan Teks
* Blok teks-Klik Icon Bold atau CTRL + B atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font Syle-Klik Bold-Klik OK
Memiringkan Teks
* Blok teks-Klik Icon Italic atau CTRL + I atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font Syle-Klik Italic-Klik OK
MenggarisbawahiTeks
* Blok teks-Klik Icon Underline atau CTRL + U atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Font Syle-Klik Underline-Klik OK
MewarnaiTeks
* Blok teks-Klik Icon Font Color atau Klik Format-Klik Font-Muncul Kotak Dialog Font-Pada Color-Klik Warna yang diinginkan-Klik OK
Merubah Bentuk Huruf
* Blok teks-Klik Format-Klik Change Case-Muncul Kotak Dialog Change Case-Klik Bentuk Huruf yang diinginkan atau Tekan Shift pada Keyboard dan tekan F3 Pilih yang diinginkan
Menghapus teks
* Blok teks-Klik Icon Cut atau CTRL + X atau Klik Edit-Klik Cut
Mengkopy teks
* Blok teks-Klik Icon Copy atau CTRL + C -Pindahkan kursur ke tempat lain-Klik Icon Paste atau CTRL + V atau Klik Edit-Klik Copy-Pindahkan kursur ke tempat lain-Klik Edit-Klik Paste
Memindahkan teks
* Blok teks-Klik Icon Cut atau CTRL + X -Pindahkan kursur ke tempat lain-Klik Icon Paste atau CTRL + V atau Klik Edit-Klik Cut- Pindahkan kursur ke tempat lain-Klik Edit-Klik Paste
Membatalkan Perintah
* Klik Icon Undo atau CTRL + Z atau Klik Edit-Klik Undo
Mengembalikan Pembatalan Perintah
* Klik Icon Redo atau Klik Edit-Klik Redo
2.3 MENGATUR KERTAS DAN PRINT
Mengatur Jenis atau Ukuran Kertas dan batas batasnya
* Klik File-Klik Page Stup-Muncul Kotak Dialog Page Stup-Pada Paper Size-Klik Jenis Kertas yang diinginkan, dan Model Pencetakannya Berdiri atau Menyamping-Pada Margin atur Top,Bottom,Left dan Rightnya lalu-Klik OK
Mencetak
* Klik Icon Print atau CTRL + P atau Klik File-Klik Print-Muncul Kotak Dialog Print-Tentukan halaman berapa yang mau dicetak-OK
2.4 FASILITAS CEPAT
Membuat Autocorrect
* Klik Tools-Klik Autocorrect-Muncul Kotak Dialog Autocorrect-Pada Replace ketik perwakilan kata-Pada With ketik kata sebenarnya-Klik Add-Klik OK
Menggunakan Autocorrect
* Ketik kata perwakilan lalu tekan Space
Menghapus Autocorrect
* Klik Tools-Klik Autocorrect-Muncul kotak dialog Autocorrect-Pada Replace ketik perwakilan kata-Akan muncul kata sebenarnya-Klik kata tersebut lalu Klik Delete-Klik OK
Memasang Tabulasi
* Klik Mouse pada posisi angka berapa yang diinginkan sehingga mucul tanda L atau Klik Format-Klik Tabs-Muncul Kotak Dialog Tabs-Pada Tabs Stop Position-Ketik Posisi angka berapa yang diinginkan lalu-Klik Set-Klik OK
Menghapus Tabulasi
* Tunjuk Posisi angka tabulasi yang mau dihapus drag ke bawah atau Klik Format-Klik Tabs-Muncul Kotak Dialog Tabs-Klik Clear atau Clear All-Klik OK
Penomoran Otomatis
* Klik Icon Numbering atau Bullets atau Klik Format-Klik Bullets and Numbering-Muncul Kotak Dialog Bullets and Numbering-Pilih Bullets atau Numbering yang diinginkan-OK
Membuat Bingkai Halaman
* Klik Format-Klik Borders and Shading-Muncul Kotak Dialog Borders and Shading-Klik Page Border-Pada Art Pilih Bingkai yang diinginkan-Klik Options-Muncul Kotak Dialog Options-Pada Meaesure From Klik Text-Klik OK-Klik Ok
Membuat Shading
* Klik Format-Klik Borders and Shading-Muncul Kotak Dialog Borders and Shading-Klik Shading-Muncul Kotak Dialog Shading- Pada Fil Color Pilih Warna yang diinginkan-Klik OK
2.5 TABEL
Membuat Tabel
* Klik Icon Insert Tabel Pilih berapa Colom atau Baris-Klik, maka akan muncul tabel atau Klik Tabel-Klik Insert Tabel-Muncul Kotak Dialog Insert Tabel- Berapa Kolom/baris-Klik OK
Melebarkan atau Mengecilkan Kolom
* Sentuhkan Mouse Pada Garis Vertikal Kolom sampai berbentuk panah berlawanan kekanan dan kekiri lalu Drag ke kanan atau ke kiri
Meninggikan atau Memendekan Baris
* Sentuhkan Mouse pada garis Horizontal Baris lalu Drag ke bawah atau ke atas
Menambah Baris
* Blok Baris-Klik Tabel-Klik Insert Rows
Menghapus Baris
* Blok Baris-Klik Tabel-Klik Delete Rows
Menambah Kolom
* Blok Kolom-Klik Tabel-Klik Insert Columns
Menghapus Kolom
* Blok Kolom-Klik Tabel-Klik Delete Columns
Menggabung Kolom atau Baris
* Blok Kolom atau Baris-Klik Tabel-Klik Merge Cells
Membagi Kolom atau Baris
* Blok Kolom atau Baris-Klik Tabel-Klik Split Cells-Muncul Kotak Dialog Split Cells-Ketik berapa Kolom atau Baris-Ok
Mengurutkan Teks
* Blok Baris/Kolom-Klik Tabel-Klik Sort
Menjumlahkan Bilangan
* Klik Tabel-Formula-Pilih Sum-Klik OK
Membagi Tabel Menjadi Dua
* Klik Tabel-Klik Split Tabel
Membingkai Tabel
* Blok Tabel-Klik Icon Border-Pilih Border yang diinginkan-Klik OK
Mewarnai Tabel
* Blok Tabel Bisa Baris Bisa Kolom-Klik Icon Shading Color-Pilih Warna yang diinginkan
Mengambil Symbol
* Klik Insert-Klik Symbol-Muncul Kotak Dialog Symbol-Pilih Symbol-Klik Insert-Klik OK
2.6 NASKAH PANJANG DAN KOLOM KORAN
Membuat Kolom Koran
* Klik Icon Columns atau Klik Format-Klik Columns-Muncul Kotak Dialog Columns-Pada Preset Pilih Berapa Kolom, Atur Besar Kecilnya Kolom, Atur Besar Kecilnya Jarak Antara Kolom, Atur dari mulai mana Kolom akan dibuat, atur pemisah antar kolomnya-Klik OK
Membuat Drop Cap
* Klik Kursor di kiri huruf yang akan di buat Drop Cap-Klik Format-Klik Drop Cap-Muncul Kotak Dialog Drop Cap-Pada Position-Klik Droped, Atur Variasinya-Klik OK
Mengambil Gambar
* Klik Icon Clift Art atau Klik Insert-Klik Ficture-Klik Clipt Art-Muncul Kotak Dialog Clipt Art Galery-Klik Gambar yang diinginkan-Klik Insert-Muncul Gambar,Gambar tersebut bisa dikecilkan, dibesarkan, dihapus, dicopy dll
Mencari Teks
* Klik Edit-Klik Find-Muncul Kotak Dialog Find-Ketik Teks yang mau dicari-Klik Find-Close
Mengganti Teks
* Klik Edit-Klik Replace-Muncul Kotak Dialog Replace-Ketik Teks yang mau di Ganti-Klik Replace-Close
Mencari Halaman
* Klik Edit-Klik Go To-Muncul Kotak Dialog Go To-Pada Enter Page Number Ketik Halaman Berapa yang dituju-Klik Go To
Menomori Halaman
* Klik Insert-Klik Page Numbers-Muncul Kotak Dialog Page Numbers-Atur Posisinya, Atur Perataan Teksnya-Klik Format-Muncul Kotak Dialog Format-Atur Format Nomornya, Atur Awal Penomorannya-Klik OK-Klik OK
Membuka Dan Menutup Jendela Window
* Klik Window-Klik Split
* Klik Window-Klik Remove Split
Membuat Header and Footer
* Klik View-Klik Header and Footer-Muncul Dialog Header and Footer-Pilih Header atau Footer, Ketik teksnya, atur hurupnya, jenisnya, ukurannya warnanya dll-Close
2. 7. DRAWING DAN WORD ART
Membuat Gambar
* Membuat Gambar Dapat Dilakukan Dengan Menggunakan ToolBar Drawing
Membuat Word Art
* Klik Icon Word Art-Muncul Kotak Dialog Word Art Galery-Klik Jenis Word Art-OK-Muncul Kotak Dialog Edit Word Art-Ketik Teks yang akan dibuat-OK
2.8 SURAT GABUNG
Mail Merge
* Mail Merger adalah Fasilitas di MS Word untuk membuat File Gabung misal Surat Gabung dll